Game Edukasi Pembelajaran Batik

Indonesia memiliki berbagai macam kebudayaan dan seni. Tersebar dari Sabang sampai Merauke, pesona Indonesia membuat seluruh mata dunia memandangnya. Salah satu seni budaya yang sangat melekat dengan Indonesia adalah Batik.

Batik adalah warisan bangsa yang masih terjaga keaslian dan keindahannya. Berasal dari berbagai penjuru Nusantara, batik menjadi incaran masyarakat dunia yang berkunjung ke Indonesia. Setiap daerah memiliki keunikan tersendiri dalam pola batik. Seperti batik Madura berbeda polanya dengan batik Yogyakarta.

Cara pembuatan batik itu cukup unik. Dengan berbagai macam tahap yang ada, menjadikan batik sebuah karya yang harmonis di pola dan pewarnaannya. Jenis batik ada dua, yakni Batik Tulis dan Batik Cap. Pengolahan batik cap lebih mudah karena menggunakan cap yang sangat mudah digunakan. Sedangkan batik tulis memiliki harga yang lebih mahal daripada batik cap karena kerumitannya. Masyarakat pembuat batik tulis pun semakin menipis karena digeser oleh batik cap dan tingkat kesulitannya.

Masyarakat semakin kesusahan dalam mempelajari cara pembuatan batik tulis apalagi mengenal nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu game MBATIK YUK ini dibuat. Merupakan sebuah game simulasi pembuatan batik dari tahap kain yang masih polos sampai dengan batik yang telah terbentuk pola dan warnanya.

Memiliki cerita yang menarik, yakni seorang anak bernama Sinta yang diminta tolong oleh neneknya yang sedang sakit untuk membuat batik. Pemain berperan sebagai teman Sinta yang akan membantu Sinta dalam membuat batik. Tugas utama pemain dalam game ini adalah menyelesaikan pembuatan batik dari awal yaitu kain yang masih polos sampai dengan menjadi batik yang bagus. Menggunakan konsep daya ingat dan pewarnaan batik yang menggunakan canting, game ini semakin menarik untuk dimainkan.

anda dapat mendownload di http://www.mediafire.com/?o3r88v40qr7qs1z

Categories: status | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: